Cara Paling Jitu Perpanjang Usia Baterai Smartphone

Smartphone zaman sekarang dibuat untuk memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya. Mulai dari untuk sosialisasi, menunjang pekerjaan, sampai menikmati berbagai hiburan seperti bermain game, mendengarkan musik atau menonton video. Pantas saja, spesifikasi serta fitur smartphone yang terus berkembang membuat kita tak dapat jauh dari smartphone.

Kecenderungan kita dalam menggunakan smartphone secara berlebihan pun juga semakin besar. Selain dapat mengakibatkan kecanduan smartphone, umur baterai pun menjadi pendek. Anda tidak mau kan jika sampai smartphone anda rusak gara-gara performa baterai anda menurun. Dilansir dari Tech-Insider, berikut saya berikan cara untuk memperpanjang usia baterai smartphone.

Cara Paling Ampuh Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

Kebanyakan para pengguna smartphone berpendapat, bahwa untuk mengisi baterai yang baik yaitu dengan menunggu hingga baterai hampir habis kemudian mengisi sampai penuh. Ternyata methode tersebut tidak semuanya benar. Menurut owner produsen baterai Codex, lewat webnya Battery University mengatakan bahwa metode tersebut malah bakal mempersingkat umur pada baterai lithium-ion. Lalu bagaimana cara untuk dapat memperpanjang usia baterai smartphone yang benar?

1. Jangan Terlalu Lama Menghubungkan Smartphone dengan Charge

Selalu menghubungkan charge terlalu lama secara terus-menerus, justru malah membuat baterai menjadi rusak. Ini disebabkan karena baterai jenis lithium-ion ini mempunyai semacam stres, yang apabila secara terus menerus terjadi, maka akhirnya akan mempersingkat umur baterai.

Saat baterai sudah terisi hingga 100%, baterai akan tetap menyedot energi dalam jumlah kecil supaya tetap dalam kondisi 100%. Hal inilah yang mengakibatkan baterai terus bekerja keras sehingga menimbulkan semacam stres pada proses kimiawi dalam baterai.

2. Tak Perlu Menunggu Sampai Baterai Hampir Habis dan Tidak Perlu Mengisi Penuh Sampai 100%

Mentang-mentang anda kerja dalam ruangan, anda sengaja menghubungkan smartphone anda ke listrik seharian. Jika anda sering melakukan kebiasaan yang seperti itu, sebaiknya anda harus berhenti. Ini karena menurut Battery University, baterai jenis lithium ion yang tertanam di banyak smartphone saat ini sangat tak di anjurkan di isi secara penuh.

Karena prosess pengisian dari 0% sampai 100%, itu akan membuat bahan bahan kimia dalam baterai bekerja dengan keras. Jadi, anda tidak perlu lagi terpaku sama kebiasaan mengisi sampai penuh baterai smartphone yang memakan waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*