Begini Cara Hemat Baterai Android Ketika Terhubung ke WiFi

Salah satu penyebab boros-nya baterai smartphone android adalah karena lemah-nya koneksi yang di gunakan. Memang, dengan memakai Wi-Fi baterai akan menjadi sangat boros tidak seperti saat menggunakan mobile data. Tetapi jika koneksi WiFi tidak stabil maka baterai akan lebih cepat terkuras.

Tak jarang di lokasi-lokasi tertentu terdapat koneksi WiFi yang cukup stabil dan juga adayang lemah. Saat WiFi pada ponsel kita menyala, terkadang secara otomatis akan terhubung pada WiFi tersebut meskipun sinyalnya lemah. Hal inilah salah satu penyebab borosnya baterai pada ponsel android.

Nah untuk menghemat baterai smartphone tersebut, berikut ini akan saya sampaikan cara menghemat baterai dengan memakai aplikasi WiFi Saver.

Cara Ampuh Hemat Baterai dengan WiFi Saver

Pertama download dan install aplikasi WiFi Saver. Silahkan anda cari di goole
Kemudian pada halaman depan, ada 3 pilihan yang dapat anda pergunakan diantaranya yaitu Basic Saver, Low Strength-Saver, dan juga Lock. Masing-masing opsi memiliki fitur yang berbeda dan dapat anda gunakan sesuai kebutuhan yaitu:

1. Basic Saver

Saat menu ini dinyalakan, maka ponsel anda akan melakukan pengcek-an setiap 5 menit. Bila handphone menemukan seting WiFi pada handphone android tersebut menyala namun tidak terkoneksi pada jaringan WiFi tertentu, maka secara otomatis aplikasi ini akan mematikan WiFi pada android anda. Cara ini cukup ampuh untuk menghemat baterai android menggunakan WiFi.

2. Low Strength Saver

Fitur ini adalah salah satu carauntuk menghemat baterai yang juga tak kalah ampuh dengan yang pertama. Dengan mengaktifkan fitur ini pada Wifi Saver, ponsel android anda akan secara otomatis mematikan WiFi apabila angka kekuatannya berada dibawah 30. Untuk mengecek kekuatan sinyal WiFi, anda bisa memilih menu “Show Network Details” dibagian bawah aplikasi. Koneksi jaringan WiFi yang paling kuat ada pada angka 100.

3. Lock

Fitur Lock ini adalah fitur yang penting untuk menghemat baterai menggunakan Wi-Fi. Dengan menyalakan fitur Lock pada Wifi Saver, maka aplikasi ini akan terus menyala walaupun ponsel android dalam keadaan terkunci. Jika anda tidak menyalakan fitur ini, saat handphone terkunci maka semua proses menghemat baterai melalui WiFi akan berhenti.

Nah, itulah tadi cara untuk menghemat baterai android dengan menggunakan Wi-Fi. Pada aplikasi WiFi Saver ini masih banyak lagi yang bisa di eksplorasi seperti menggunakan fitur timer untuk menentukan kapan ponsel akan mematikan WiFi, ataupun fitur auto connect yang berguna untuk menentukan kapan anda ingin terhubung lagi dengan WiFi tersebut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*